---- Selamat Datang di Situs Resmi Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu ---

Jumat, 19 Juli 2013

Bidang Pendidikan Madrasah berikan pembinaan bagi 80 Pengelola RA/BA

Bengkulu (Informasi dan Humas) 19/7 – Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu berikan pembinaan bagi 80 Orang pengelola Raudatul Anfal / Bustanul Athfal (RA/BA) dari sepuluh Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu belum lama ini.

Dalam pembinaan yang dilaksanakan di Hotel Nala Sea Side Kota Bengkulu itu dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H.Suardi Abbas,SH,MH yang juga didampingi kepala bidang pendidikan Madrasah, Dra.Hj.Khairiyah, M.Pd.

Dalam sambutannya, Khairiyah menjelaskan bahwa, kegiatan pembinaan tersebut diikuti oleh pengelola RA/BA se-Provinsi Bengkulu dengan tujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi pendidikan RA/BA yang saat ini mulai menjadi tren Masyarakat sebelum memasuki pendidikan sekolah dasar.

Sementara itu, Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan bahwa RA/BA memiliki peran yang sangat vital dalam mencetak genarasi islami dan berakhlak mulia. “RA/BA merupakan ujung tombak Pendidikan Islam, yang menciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia”, katanya.

Menurut dia, RA/BA yang dikelola dengan baik akan menghasilkan program pendidikan dan output hasil didik yang baik. Pemberdayaan dan peningkatan mutu guru dalam pengelolaan RA perlu dilakukan, karena guru sebagai pengelola RA mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.

Dalam menjamin perluasan pemerataan akses peningkatan mutu pendidikan, guru RA harus mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan global sehingga perlu dilakukan pemberdayaan dan peningkatan mutu guru secara terencana, terarah dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kualitas pimpinan dan guru RA.

Pengelolaan pendidikan ditujukan untuk menjamin akses masyarakat atas pelayanan pendidikan yang mencukupi, merata, dan terjangkau, mutu dan daya saing pendidikan serta relevansinya dengan kebutuhan dan atau kondisi masyarakat serta efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan administrasi pendidikan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan.

Penulis : Hasan/jj (B) Editor : H.Nopian Gustari









0 komentar:

Posting Komentar